Ini yang akan dilakukan Ahok saat bertemu Raja Salman - Berita terkini

Recent Posts

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 1, 2017

Ini yang akan dilakukan Ahok saat bertemu Raja Salman




Merdeka.com - Presiden Joko Widodo akan langsung menjemput Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada siang hari ini. Pada kesempatan itu pula, rencananya Gubernur DKI JakartaBasuki Tjahaja Purnama akan turut mendampingi.

Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengaku tidak memiliki agenda khusus dengan kedatangan Raja Salman. Dia hanya datang untuk mendampingi Presiden Jokowi dalam rangka menyambut tamu negara.

"Kalau nerima orang ya salaman dong. Saya enggak tahu (mau ngapain)," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/3).

Bahkan, mantan Bupati Belitung Timur ini tidak mengetahui apakah akan turut mendampingi hingga ke Istana Bogor. Karena sebenarnya, dia mengaku, telah memiliki agenda lain malam hari ini. "Enggak tahu (ke Bogor atau tidak), saya mau nonton BCL (Bunga Citra Lestari) kayanya," tutupnya.


Sebelumnya, Jokowi menjemput langsung tamu negara adalah yang pertama. Biasanya kepala negara cukup menunggu di Istana Kepresidenan, baik itu di Jakarta maupun di Bogor. Seperti diketahui kedatangan Raja Arab Saudi terakhir ke Indonesia adalah pada 1970.

"Kenapa ini dilakukan, karena ketika berkunjung ke Arab Saudi, Presiden Jokowi dijemput di pintu pesawat oleh Raja Salman," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung ketika jumpa pers pada Selasa (21/2).

Menurut Pramono, Presiden Jokowi langsung menjemput ke bandara ini untuk menunjukkan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang sangat dekat, sangat erat dan sangat akrab.

"Kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini sungguh akan merupakan kunjungan kehormatan bagi bangsa Indonesia dan juga sekaligus menunjukkan keakraban, keeratan antara pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi," kata Pramono.

Sesuai rencana Raja Salman dari Halim akan langsung menuju Istana Bogor. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan akan diadakan jamuan makan siang dengan memadukan menu Indonesia dan menu Timur Tengah.

"Dari masakan Indonesia kemungkinan kita sajikan ikan, sea food yang dibakar, kemudian ada panganan-panganan ringan Indonesia. Ada juga masakan nasi kebuli," ungkapnya.

Arab Saudi, menurut Darmansjah, juga mengaku meminta khusus disediakan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

"Yang khusus itu buah-buahan. Buah-buahan akan kita pamerkan di meja itu, jadi termasuk dekorasi buah-buahan untuk dinikmati oleh raja juga. Itu harus buah lokal dari semua nama buah ada. Semua jenis buah kita perkenalkan juga, buah kita kan banyak sekali," tutur Darmansjah.

Delegasi Arab Saudi juga akan mendapat pertunjukkan tari-tarian yang dipersiapkan oleh seniman Denny Malik. "Ada tarian dari Aceh dan Melayu seperti tari japin lalu medley, tari saman dan tari Darussalam namanya," ungkapnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan peningkatan kerja sama ekonomi menjadi agenda utama kunjungan Raja Salman beserta delegasinya ke Indonesia.

"Kerja sama ekonomi menjadi agenda utama Raja Salman beserta delegasi ke Indonesia. Akan banyak, tapi akan saya simpan dulu sampai Raja hadir," kata Menteri Retno usai menghadiri Raker Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (22/2).



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad