Inilah Kehebatan Mentri Susi Pudjiastuti - Berita terkini

Recent Posts

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, September 27, 2017

Inilah Kehebatan Mentri Susi Pudjiastuti




Gambar 1. BBC 100 women 2017

Di tengah hiruk-pikuk dan panasnya suhu politik di tanah air, salah seorang anak bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. Beliau adalah Susi Pudjiastuti atau yang lebih sering dipanggil Bu Susi, Menteri Perikanan dan Kelautan Kabinet Kerja.


Bu Susi terpilih sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Bu Susi bersanding dengan wanita-wanita hebat lainnya seperti Michelle Bachelet, yang merupakan presiden wanita pertama di Cili, Peggy Annete Whitson, seorang astronot wanita yang memiliki pengalaman di angkasa paling tinggi dibandingkan astronot lainnya, Lea Coligado, wanita muda yang menjadi ahli IT disegani di Amerika sekaligus pendiri ikatan wanita IT di sillicon Valley, Ellen Sirleaf, presiden Liberia, dan 95 wanita hebat lainnya yang berasal dari berbagai negara dan telah melakukan perubahan di negaranya masing-masing.

BBC 100 Women merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diberikan oleh BBC kepada 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Program penghargaan ini dimulai sejak tahun 2013 dan telah terlaksana sebanyak empat kali. Pada edisi-edisi sebelumnya juga pernah masuk nama-nama yang sudah tidak perlu diragukan lagi pengaruhnya seperti Angela Merkel, perdana menteri Jerman, Malala Yousafzai, seorang aktivis perdamaian dari Timur Tengah, hingga Melinda Gates dan juga Michelle Obama.

Pada kesempatan kali ini Bu Susi terpilih mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya dalam menjaga laut Indonesia baik sebelum dan sesudah menjadi menteri. Berikut prestasi Bu Susi sebelum dan sesudah menjadi menteri:



Gambar 2. Profil Bu Susi

Sebelum menjadi menteri
1. Direktur Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI)
2. CEO PT. ASI Pudjiastuti Marine Product
3. CEO PT. ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air)
4. CEO PT. ASI Pudjiastuti Flying School
5. CEO PT. ASI Geosurvei
6. penerima penghargaan:
~ Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, 2005
~ Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
~ Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, by APEC, 2011
~ Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, by Governor of West Java, 2008
~ Young Entrepreneur of the Year”, by Ernst and Young Indonesia, 2005

Setelah menjadi menteri :
1. Menerima penghargaan Peter Benchley Ocean Awards atas dedikasinya menjaga kelestarian laut
2. Menerima penghargaan Seafood Championship Award atas keberaniannya dalam menenggelamkan kapal-kapal illegal
3. Menerima penghargaan WWF Award atas kepeduliannya terhadap lingkungan
4. Gelar kehormatan dan kebangsawanan dari Keraton Surakarta
5. Menteri terbaik 2016 versi Indo Barometer

Bu Susi yang sering menunjukkan sikap anti-mainstream memang mendapatkan tempat di hati rakyat karena sikapnya yang anti-elitis, kebijakan-kebijakannya yang pro rakyat kecil, dan perjalanan hidupnya yang menginspirasi banyak orang. Siapa yang bisa menyangka seorang lulusan SD bisa menjadi seorang menteri yang membuat perubahan. Bahkan sekelas sarjana saja hanya bisa bermimpi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jika kita berbicara tentang Bu Susi maka tidak akan ada habisnya. Mari kita kembali melihat makna dan tujuan dari program BBC 100 Women ini. Program ini mengusung nilai bahwasannya wanita memiliki kemampuan dan pengaruh yang setara dengan laki-laki dalam membangun peradaban. Hal ini seharusnya bisa menjadi ‘tamparan’ bagi kelompok ‘kanan’ di Indonesia yang seringkali bersifat seksis.

Sexism or gender discrimination is prejudice or discrimination based on a person’s sex or gender. Sexism can affect either gender, but it is particularly documented as affecting women and girls – Wikipedia

Dalam arti lain bahwa masih terdapatnya kesenjangan gender antara pria dan wanita. Hal itu nyata terlihat dari beberapa fenomena yang terjadi akhir-akhir ini seperti peluncuran nikahsirri.com yang mengusung konsep “lelang perawan untuk perbaikan ekonomi”, aplikasi ayopoligami.com yang memfasilitasi para pria untuk menggandeng lebih banyak wanita, ujaran hakim Binsar yang menyarankan agar wanita tes keperawanan sebelum menikah, Ustad-ustad yang berpoligami, hingga hinaan-hinaan yang dialamatkan ke Tsamara Amany atas cerita pernikahannya.

Jika kita jeli melihat maka kita akan menemukan wanita-wanita yang jauh lebih tangguh daripada pria, sebut saja Bu Megawati sebagai pemimpin dari PDI-P, Najwa Shihab yang sering membuatorang kelabakan, Butet Manurung yang mendedikasikan hidupnya untuk suku Anak Dalam, hingga Lidswell yang selalu menyumbangkan medali emas di SEA Games.
Mari kita sudahi perbedaan ini agar kita bisa saling melengkapi. Terutama untuk para jomblo yang belum punya pasangan hidup.

“Dan siapakah yang lebih banyak berusaha memajukan kesejahteraan budi itu. siapakah yang dapat mempertinggi derajat budi manusia adalah wanita, Ibu. Karena haribaan Ibu itu lah maka manusia bisa mendapatkan pendidikannya untuk yang mula-mula sekali.” – Kartini


1 comment:

  1. MODAL KECIL MAU DAPAT UANG BANYAK?
    BISA SEKALI !!! BURUAN JOIN DI #KELINCI99

    ReplyDelete

Post Top Ad